Jangan Gunakan Lem Rtv Silikon ke Head Gasket!

Jika anda pernah menggunakan lem rtv silikon saat melakukan pembongkaran blok dan head maka anda tidak akan melihat lapisan silikon yang menempel disitu dikarenakan tingkat kelenturan lem silikon rendah sehingga saat pengencangan 4 baut head lem tidak menempel malah akan keluar dari permukaan.

RTV Silicon (Room Temperature Vulcanization Silicone) atau disebut juga gasket maker, memiliki tujuan untuk membentuk lapisan karet silikon untuk pengaplikasian di cover valve, intake manifold, pompa air radiator, dll.
Gasket sealant berfungsi untuk membuat lapisan agar paking bisa menempel sempurna dan menutup fragmentasi antara cylinder head dan cylinder blok.

Lem Gasket Maker RTV Silikon
(room temperature vulcanization silicone)

Sifat silikon yang tidak dapat menutup kerapatan dengan sempurna sehingga akan menimbulkan suatu fragmentasi antara permukaan yang bersentuhan, lem rtv silikon itu di desain bukan untuk gasket head. 

Lem Gasket Sealer Threebond 1104

Loctite Gasket Sealant

Lem rtv silikon memiliki kelemahan yaitu waktu kering yang lama dibandingkan sealer yang hanya 3 menit bandingkan dengan rtv setelah 24 jam lem masih lembek! tidak sekering sealer. Efek yang kemungkinan terjadi jika tetap memasang rtv silikon ketika mengencangkan 4 baut pengunci head maka lem akan keluar dan menyelip ke saluran radiator.

Gunakan lem yang sesuai peruntukannya, di Indonesia yang banyak beredar yaitu Threebond 1104, Threebond 1104 itu adalah gasket sealer sehingga bisa menutup rapat dan mencegah fragmentasi antara dua sambungan. Jika suatu saat terjadi kebocoran air ke ruang bakar, piston bisa saja baret dengan cara mendengar Suara Mesin Kasar Gejala Piston Baret.

7 Komentar untuk "Jangan Gunakan Lem Rtv Silikon ke Head Gasket!"

  1. Bagaimana cara membuka blok mesin yang sudah direkatkan dengan silicon gasket

    BalasHapus
  2. kalau untuk paking blok bawah(paking antara blok dan kalter) sebaiknya pakai jenis lem gasket maker atau lem gasket sealant?

    BalasHapus
  3. "Bagaimana cara membuka blok mesin yang sudah direkatkan dengan silicon gasket" << buka dengan hati-hati gan

    BalasHapus
  4. "kalau untuk paking blok bawah(paking antara blok dan kalter) sebaiknya pakai jenis lem gasket maker atau lem gasket sealant?" << gasket sealant

    BalasHapus
  5. Anonim6/12/21

    Klo three bond 1104 utk lem gasket tiger kuat ga ya?soalny mesin tiger kn panas bgt klo dibandingkn karisma 125 saat dipake

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuat gan. asal celah antara head dan blok rata dan masih masuk dalam rentang spesifikasi manual book (cek pake feeler gauge)

      Hapus
  6. serem deh kalo mesin udah pernah dibongkar, sekali masangnya ga pas/presisi bakal kemungkinan problem lagi nantinya

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel