Setting Karburator Vakum New Jupiter Mx

New Jupiter MX menggunakan karburator vakum yaitu Mikuni BS25. Karburator tersebut mempunyai spesifikasi :
Main Jet : 115
Pilot Jet : 15






Perlu diketahui bahwa pilot jet karburator vakum njmx tidak sama dengan pilot jet ojmx sehingga tidak bisa saling tukar (beda ulir drat).


Karburator vakum tersebut dikombinasikan dengan TPS (Throttle Position Sensor) sudah dapat memberikan konsumsi BBM yang irit, sehingga bagi sebagian orang lebih senang dengan karbu ini dibanding karbu skep PE 28. Selengkapnya Setting Karburator PE 28 Jupiter MX

Selain itu, dengan menggunakan karbu standar maka tidak ada ubahan di kabel gas dan baut dashboard lampu (dekat handle gas) bisa dipasang. Hasilnya bagian lampu motor lebih kokoh saat melewati jalan yang bergelombang.

Terdapat perbedaan fundamental pada skrup setelan antara karbu skep dan vakum
Pada karburator skep skrup setelan (disebut setelan angin) berfungsi untuk mengatur besaran debit udara saja. Sedangkan, pada karburator vakum skrup setelan (disebut mixture screw) berfungsi untuk mengatur besaran campuran udara DAN bensin.

Mixture screw dan pilot jet hanya berfungsi pada putaran rendah (sekitar RPM 4000 ke bawah). Sedangkan saat RPM atas membran vakum akan menutup sehingga aliran bensin dari pilot jet akan berhenti dan suplai bensin akan disuplai oleh Main Jet.

Setting ini berguna bagi anda yang baru mengaplikasikan Knalpot Racing maupun "hijrah" dari karbu skep PE 28 ke karbu standar

Setting Mixture Screw


Mixture screw berfungsi untuk mengatur besaran udara DAN bensin yang masuk ke ruang bakar saat RPM rendah. Memutar ke luar (berlawanan jarum jam) akan membuat campuran menjadi basah sedangkan memutar ke dalam (searah jarum jam) akan membuat campuran menjadi lebih kering.


  1. Mulai putaran sebanyak 1,75 sesuai buku manual (1 putaran adalah 360 derajat)
  2. Hidupkan mesin dan putar skrup RPM sampai menyentuh 3000 RPM agar stasioner di RPM tersebut, untuk mengetahui RPM dapat menggunakan takometer.
  3. Putar mixture screw ke luar sampai terasa RPM mesin mencapai maksimal, kalau sudah maksimal dan terus diputar ke luar maka dapat menyebabkan knalpot nembak.
  4. Pada titik dimana mixture screw mencapai RPM tertinggi, putar mixture screw ke dalam sebesar 1/4 putaran.
  5. Kembalikan skrup stasioner ke RPM idle sekitar 1300
  6. Selesai

Setting Main Jet

Setting main jet pada karbu vakum standar akan berguna jika anda menggunakan knalpot racing atau sudah menggunakan CDI aftermarket. Jika tidak menggunakan knalpot racing ataupun cdi aftermarket maka tidak disarankan mengganti main jet, dan tetap menggunakan main jet 115.

Kemudian, perhatikan juga rasio kompresi mesin.
Sebagai gambaran menentukan Main Jet bisa dilihat
R.K NJMX 10.9 = MJ 115
R.K Satria FU (Vakum) = MJ 110

Rasio kompresi mesin sangat berpengaruh di jetting karburator vakum khususnya Main Jet.

Untuk menentukan main jet diawali dengan menggunakan main jet yang dirasa brebet putaran atas, lalu turun perlahan 1 step, sampai tarikan rpm 4000 ketas lancar (tidak ada gejala nahan) maka itulah main jet yang pas.

Sebagai awalan setting MJ selalu gunakan main jet ori pabrikan, kemudian dari situ naikkan/turunkan perlahan 1 step dan perhatikan baik-baik RPM 4000 - RPM 5000 apakah ada gejala nahan (brebet).

Catatan

Mixture Screw yang diputar ke luar akan menyebabkan campuran menjadi basah. Akan tetapi, jika diputar terlalu ke luar maka akan terjadi ketidakseimbangan antara campuran udara dan bensin (akan didominasi oleh udara) sehingga akan terlalu banyak udara yang masuk ke ruang bakar dan hasilnya campuran akan menjadi kering yang nantinya akan membuat knalpot nembak.

5 Responses to "Setting Karburator Vakum New Jupiter Mx"

  1. Tulisan yang bermanfaat dan menginspirasi, berbagi ulasan tentang perbaikan mobil dan motor di Tutorial Memperbaiki Mobil Motor

    ReplyDelete
  2. Gan mau tanya, njmx selalu susah hidup jika motor lama berhenti, jika bisa nyala pun ga lama mati dan muncul bunyi sos di karbu, sudah coba setting ulang seauai contontoh agan ttp sama, jika baut rpm di putar searah jarum rpm lambat merespon harus putar grip gas dahulu baru rpm naik, dan di baut mixture ga ketemu putaran stasioner atasnya
    Mohon pencerahan...terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kondisi motor masih standar seharusnya cukup mixture screw diputar 1,5 - 1,75 (1 putaran = 360drjt)

      ane curiga karet vakumnya udah bocor tipis itu gan jadi rpm lambat merespon saat skrup rpm diputar (seharusnya langsung reaksi) kemudian juga motornya susah nyala, dan kalaupun nyala gak lama akan mati

      Delete
  3. Gan. Saya baru ganti blok vixion di njmx, karbu masih std, perlu ganti mj/pj? Ukuran berapa ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. naikkan main jetnya 1 step aja gan

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel