Setting Karburator Vakum New Jupiter Mx

New Jupiter MX menggunakan karburator vakum yaitu Mikuni BS25. Karburator tersebut mempunyai spesifikasi :
Main Jet : 115
Pilot Jet : 15






Perlu diketahui bahwa pilot jet karburator vakum njmx tidak sama dengan pilot jet ojmx sehingga tidak bisa saling tukar (beda ulir drat).


Karburator vakum tersebut dikombinasikan dengan TPS (Throttle Position Sensor) sudah dapat memberikan konsumsi BBM yang irit, sehingga bagi sebagian orang lebih senang dengan karbu ini dibanding karbu skep PE 28. Selengkapnya Setting Karburator PE 28 Jupiter MX

Selain itu, dengan menggunakan karbu standar maka tidak ada ubahan di kabel gas dan baut dashboard lampu (dekat handle gas) bisa dipasang. Hasilnya bagian lampu motor lebih kokoh saat melewati jalan yang bergelombang.

Terdapat perbedaan fundamental pada skrup setelan antara karbu skep dan vakum
Pada karburator skep skrup setelan (disebut setelan angin) berfungsi untuk mengatur besaran debit udara saja. Sedangkan, pada karburator vakum skrup setelan (disebut mixture screw) berfungsi untuk mengatur besaran campuran udara DAN bensin.

Mixture screw dan pilot jet hanya berfungsi pada putaran rendah (sekitar RPM 4000 ke bawah). Sedangkan saat RPM atas membran vakum akan menutup sehingga aliran bensin dari pilot jet akan berhenti dan suplai bensin akan disuplai oleh Main Jet.

Setting ini berguna bagi anda yang baru mengaplikasikan Knalpot Racing maupun "hijrah" dari karbu skep PE 28 ke karbu standar

Setting Mixture Screw


Mixture screw berfungsi untuk mengatur besaran udara DAN bensin yang masuk ke ruang bakar saat RPM rendah. Memutar ke luar (berlawanan jarum jam) akan membuat campuran menjadi basah sedangkan memutar ke dalam (searah jarum jam) akan membuat campuran menjadi lebih kering.


  1. Mulai putaran sebanyak 1,75 sesuai buku manual (1 putaran adalah 360 derajat)
  2. Hidupkan mesin dan putar skrup RPM sampai menyentuh 3000 RPM agar stasioner di RPM tersebut, untuk mengetahui RPM dapat menggunakan takometer.
  3. Putar mixture screw ke luar sampai terasa RPM mesin mencapai maksimal, kalau sudah maksimal dan terus diputar ke luar maka dapat menyebabkan knalpot nembak.
  4. Pada titik dimana mixture screw mencapai RPM tertinggi, putar mixture screw ke dalam sebesar 1/4 putaran.
  5. Kembalikan skrup stasioner ke RPM idle sekitar 1300
  6. Selesai

Setting Main Jet

Setting main jet pada karbu vakum standar akan berguna jika anda menggunakan knalpot racing atau sudah menggunakan CDI aftermarket. Jika tidak menggunakan knalpot racing ataupun cdi aftermarket maka tidak disarankan mengganti main jet, dan tetap menggunakan main jet 115.

Kemudian, perhatikan juga rasio kompresi mesin.
Sebagai gambaran menentukan Main Jet bisa dilihat
R.K NJMX 10.9 = MJ 115
R.K Satria FU (Vakum) = MJ 110

Rasio kompresi mesin sangat berpengaruh di jetting karburator vakum khususnya Main Jet.

Untuk menentukan main jet diawali dengan menggunakan main jet yang dirasa brebet putaran atas, lalu turun perlahan 1 step, sampai tarikan rpm 4000 ketas lancar (tidak ada gejala nahan) maka itulah main jet yang pas.

Sebagai awalan setting MJ selalu gunakan main jet ori pabrikan, kemudian dari situ naikkan/turunkan perlahan 1 step dan perhatikan baik-baik RPM 4000 - RPM 5000 apakah ada gejala nahan (brebet).

Catatan

Mixture Screw yang diputar ke luar akan menyebabkan campuran menjadi basah. Akan tetapi, jika diputar terlalu ke luar maka akan terjadi ketidakseimbangan antara campuran udara dan bensin (akan didominasi oleh udara) sehingga akan terlalu banyak udara yang masuk ke ruang bakar dan hasilnya campuran akan menjadi kering yang nantinya akan membuat knalpot nembak.

72 Komentar untuk "Setting Karburator Vakum New Jupiter Mx"

  1. Tulisan yang bermanfaat dan menginspirasi, berbagi ulasan tentang perbaikan mobil dan motor di Tutorial Memperbaiki Mobil Motor

    BalasHapus
  2. Gan mau tanya, njmx selalu susah hidup jika motor lama berhenti, jika bisa nyala pun ga lama mati dan muncul bunyi sos di karbu, sudah coba setting ulang seauai contontoh agan ttp sama, jika baut rpm di putar searah jarum rpm lambat merespon harus putar grip gas dahulu baru rpm naik, dan di baut mixture ga ketemu putaran stasioner atasnya
    Mohon pencerahan...terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kondisi motor masih standar seharusnya cukup mixture screw diputar 1,5 - 1,75 (1 putaran = 360drjt)

      ane curiga karet vakumnya udah bocor tipis itu gan jadi rpm lambat merespon saat skrup rpm diputar (seharusnya langsung reaksi) kemudian juga motornya susah nyala, dan kalaupun nyala gak lama akan mati

      Hapus
    2. Anonim13/3/23

      Pengalaman ane sih drat mixture screw nya sudah agak rusak, setelah ganti karbu masalah tersebut hilang.

      Hapus
  3. Gan. Saya baru ganti blok vixion di njmx, karbu masih std, perlu ganti mj/pj? Ukuran berapa ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. naikkan main jetnya 1 step aja gan

      Hapus
    2. Anonim16/1/23

      Sya oke blok Vixion karbu std MJ nya ukuran berapa?

      Hapus
    3. naik 1 step ke mj 118

      Hapus
  4. Gan mau tanya ane pake karbu njmx,,kendalanya kok rpm gak bisa turun itu masalahny dimana y gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. karet vakumnya sudah rusak atau mixture scewnya tidak pas gan

      Hapus
  5. kalau karbu standar njmx (vakum) hanya ganti knalpot fu harusnya gak ada masalah mbrebet gan. coba cek selang dari manifold ke head (ais) nya tersambung gak? kalau aisnya udah ditutup, selang dari manifold harus ditutup biar tidak mengganggu kinerja karburator vakumnya

    BalasHapus
  6. Motor saya njmx boros sangat 1 liter cukup 15 km saja terus kalau mesin dingin pas dihidupin mesin ngegerung dulu 3 detik lalu langsam .. Gimana cara ngatasinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya karburatornya kebasahan

      Hapus
  7. Gan klo misalkan 2 putraran di setelan angin gpp gan walaupun masih baru karbu nya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya mengikuti anjuran pabrik gan kalau semuanya standar. kalau sudah bore up baru bisa di tuning

      Hapus
    2. Anonim24/12/23

      Emang anjuran dari pabrik berapa ms

      Hapus
  8. Malam Gan, motor sy OJMX tp sdh pake blok Vixion Carbu Vacumm NJMX untuk settingan Mixture Screw nya kira2 bisa berpa putaran ya Gan? Dan di putaran atas nahan harus bagamana ya Gan?

    BalasHapus
  9. Slamat malam gan, motor saya NJMX, sdh pake blok Vixion 150cc, filter ferrox, knalpot racing R9 pake dbkiller, Koil bluethunder, busi Denso iridium IU-24A, CDI Standar 50C ..... kalau digeber gas RPM tinggi kok mbrebet dan mentok di 80km/jam? Karbu masih standar vakum. Kira2 apa lagi yg harus dirubah di karbunya ya? Pilot Jet dan Mainjet ganti no brapakah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tambah info .... Noken ass ganti punya mx-king 2PV

      Hapus
    2. masalahnya ada di udara masuk dan keluar. db killer nya itu yang bikin nahan pas wide open throttle. lalu, filter ferrox nya mending di copot aja karena bikin intake udara kurang. kalau tetep mau dipasang ferrox, set karbunya ke settingan lebih lean (kering)

      Hapus
  10. Maam Gan mau tanya klo idle Jupiter mx rpmnya 1200-1300 tp klo pagi susah hidup? dan prmyebab idlenya skrt harus tinggi karena apa yaa? Oh yaa Jupiter sy yg lama tp sdh pake karbu jupiter new

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin kompresi motornya udah mulai berkurang gan karena faktor usia atau sudah banyak kerak di klep, ruang bakar, dll.

      Hapus
    2. Ok Terima kasih Gan nti sy ke bengkel untuk skir klep cek kondisi mesinnya memang ini motor udh 2 tahun ga di hidupin apa lg jalan hehehe kemarin pas coba idupin cuma ganti oli nguras tangki bensin sama bersihin karbu idup cuma langsamnya bukaan pilot mixture screw nya sampe 4-5 putaran Gan

      Hapus
  11. Nanti klo dah beres sy mau konsul boleh yaaa Gan
    Spek motor sy:
    Jupiter MX paling pertama keluar
    Blok mesin udh ganti vixion
    Karbu pake mikuni Bs25 punya
    Jupiter MX New PJ15 MJ 115
    Masih ori jeroannya kecuali Pilot Mixture Screw nya

    BalasHapus
  12. Gan saya mau nanya,putaran mixture screw Karbu Original NJMX standarnya berapa putaran ya?

    NJMX saya mesin,Karbu,dll masih standard pabrik. Tapi busi udah di ganti pake busi platinum,nah putaran mixture screwnya 3 putaran,tapi putaran menengah ke atas kekurangan bahan bakar. Kira kira masalahnya apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. settingan pabrik karbu vakum mx adalah 1 putaran + 0,75 putaran.
      kenapa ganti businya gan? busi standar pabrik udah paling bagus itu jangan kemakan gimik racing menambah tenaga.. kalau mau tambah tenaga caranya ada ubah ukuran ruang bakar, ganti karbu, ganti knalpot

      Hapus
    2. Anonim16/3/23

      1 putaran + 0,75 dari keadaan tertutup ya gan

      Hapus
  13. Salam malam gan motor saya njmx pakai knlpot r9 karbu standar mesin stndar pas putaran bawa agak telat trus putaran atas kadang berebet apanya yg harus di setting gang

    BalasHapus
  14. Yg bener yg mana ? Puter ke kanan sesuai arah jarum jam bikin campuran udara+bbm lebih kaya atau sebaliknya ? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karbu vakum dengan karbu skep berbeda dalam pengaturan screwnya. kalau di karbu skep kita mengatur banyak udara saja yang masuk. Sedangkan, di karbu vakum kita mengatur banyak udara+bensin yang masuk. Putaran masuk akan membuat campuran lebih kering, sedangkan putaran keluar akan membuat lebih basah, tetapi kalau putaran keluar terlalu besar maka rasio udara akan lebih besar. Perlu diperhatikan hubungan rasio udara dan bensin tidak linear

      Hapus
    2. Anonim15/7/22

      Trnyt penyebabnya piston cuknya lepas. Pas sy bongkar lupa dipasang jadinya kacau rpm idlenya.. lalu stlh sy pasang lagi dan udah ok.

      Hapus
    3. Anonim6/8/22

      tetapi kalau putaran keluar terlalu besar maka rasio udara akan lebih besar. -> ini maksudnya berapa puteran dari titik mati kanan ?

      Hapus
    4. tidak ada info resmi dari buku manualnya sejak berapa putaran akan rasio udaranya lebih besar, tapi bisa diketahui saat penyetelan langsung

      Hapus
  15. bang ada gak untuk setting pwk 28 di njmx? klo ada share ya bang, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pwk sebaiknya main jetnya dikurangi 1 atau 2 step gan karena sudah ada power jet yang bikin puteran atas jadi basah

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  16. Bang, njmx saya klo pas awal masuk gigi 1 teras nyentak, plat kopling sama per kopling udah ganti punya tiger

    BalasHapus
    Balasan
    1. punyanya tiger memang agak sedikit keras dibanding mx. kalau mau enak beli yang ori njmx

      Hapus
    2. Bantu jawab ya

      Per Kopling Tiger emg keras gan, bahkan kadang jadi ngerasa keras pindah gigi.
      Coba di silang pemasangannya, 2 per Ori njmx + 2 per tiger.
      Pasang nya silang ya.

      Saya udah coba silang hasilnya kopling lebih ringan daripada pake full tiger, sentakan lebih galak daripada pake per full ori.

      Sebelumnya pakai full per tiger terlalu galak, pakai full njmx terlalu lemah. So itu alternatifnya silahkan dicoba yaa.

      Hapus
  17. mixture screw nya bisa substitusi punya motor apa gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang tau gan, pakai aja repair kit karbu njmx

      Hapus
  18. Gan, punya saya njmx udh pakai blok vixion, blok head udh di porting, karbu standarfull, pake knalpot FU CBU, nah masalahnya motor jalan pas gas di lepas, ada suara nembak2 halus gitu bleb bleb bleb, itu masalah nya pada PJ MJ nya, apa darimana nya gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab mas, Lubang ais di atas head nya udah kurang prima, bisa di akali dengan di tutup atau dinonaktifkan 🙏

      Hapus
    2. Atau bisa dicoba naikkan pilot jet 1 step

      Hapus
  19. maksudnya gimana ? katanya kalo diputer keluar (lawan arah jarum jam) akan membuat campuran makin kaya(basah) tapi kok kalo diputar keluar mentok, malah jadi bikin campuran jadi miskin (kering) jadi yg bener gimana ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. hubungan antara bensin+udara dari skrup anginnya itu tidak linear...mirip kurva U terbalik

      Hapus
  20. jadi gimana cara settingnya yg pas ? sy coba2 ga nemu2, kemarin sy stel puteran RPM udah sy naikin, lalu skrup mixture sy puter mentok ke kanan.

    Lalu sy puter 1 puteran 360' ke kiri, lalu sy puter lagi 1/4 puteran ke kanan dikit, jadi total puteran ke kiri dari mentok kanan sebanyak 270'

    tapi pas idle/langsam, tetap aja masih ada asap abu2 tipis. tidak seperti dulu sebelum sy bongkar, bersihin karbunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake setting bawaan aja bos kalau mau tenang... 1,75.

      merujuk ke komen ente yang sebelum diputer lagi ke kanan, apakah itu sudah sampe rpm tertinggi?

      Hapus
    2. akhirnya NJMX sy udah dijual sept.22 kmrn, rada nyesel smp skrg juga sih.. tapi kelemahnnya yaitu ga bisa seirit injeksi & warna elektroda busi ga bisa merah bata (spt di mesin injeksi)

      Hapus
  21. Anonim8/5/22

    Ass.. mas saya mau nanya motor saya njmx new businya itu basah karena bensin itu kira2 yang bermasalah di bagian mana ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa karena campuran bensinnya lebih basah, atau kompresinya sudah mulai kendor

      Hapus
  22. Anonim13/5/22

    Izin tanya om
    Motor saya NJMX sudah di bore up pake vixion
    (Blok, seher, noken as, per klep, CDI unlimiter after market) untuk klep masih bawaan jupiter
    Karburator masih pake standar bawaan jupiter mx new, knalpot satria fu
    Kalo pake spuyer bawaan motornya kenapa ya mesin cepet panas? Saya ganti spuyer pake PJ 25 MJ 130 malah tarikan ngeden & ngempos
    Minta sarannya om terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. mesin panas tandanya kekeringan itu campuran bbm+udaranya gan...
      coba Pilot jet nya pake yang standar NJMX, tapi MJ nya pake yang 120 aja..., dan Mixture Screw 1+1/4 putaran

      Hapus
    2. Anonim29/5/22

      Siap Gan, oh iya gan kalo PJ nya sekalian naik 1 step jadi 17.5 setelan mix screw nya tetep di angka segitu gan? Soalnya baru tak cek ternyata jarum yg di ujung baut setelannya patah, terimakasih

      Hapus
  23. sebaiknya berubah gan, tapi masih dekat dengan 1+1/4 putaran..

    kalau setelannya patah ya tidak apa2 gan tidak perlu diubah

    BalasHapus
  24. Anonim7/7/22

    ijin bertanya Gan..
    NJMX 2014 4 Speed, sudah ganti blok vixion, koil + cdi DSK, karbu standard, knalpot standard. utk settingan karbu yang pas gimana ya? apakah tetap standard 1.75 putaran, karena klo lepas gas suka nembak2 knalpotnya... trus koq top speed gak bisa diatas 100 ya ? Trus untuk kampas koplingnya cocok pake yang mana ya ?

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba CDI nya pakai yg standar dulu... sepertinya cdi DSK bikin pembakaran jadi kacau. kalau putaran skrup angin usahakan seperti standarnya gan 1,75

      Hapus
  25. Anonim26/7/22

    Mumpung nemu artikel cocok dengan kondisi motor saya...

    Izin konsultasi gan
    NJMX 5speed saya baru bore up (Blok, seher, per klep, noken as) pake punyae vixion + CDI varro
    Karburator standar vakum knalpot satria fu CBU
    Untuk bagian karburator spuyer skrg pake PJ 20 MJ 120 tapi jarum yg diujung setelan angin patah didalem karbu
    Untuk lari dari bawah-menengah-atas dapet
    Oli pake tipe 20w-40/50 kalo pake 10w suka slip kopling

    Pertanyaan saya, suhu mesin kok cepet panas ya gan, -+ 5 menit hawa panas terasa sampai kaki. kaya gak normal beda sama sebelum bore up. Apa emang karakternya setelah bore up gitu? Atau penyebab dari karbu? (Kurang besar ukuran venturi/spuyer)

    Minta masukannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa karena baut setelan anginnya gak ideal pas mau dikeluarin nyangkut di posisi "kering" terus bikin mesin cepat panas,

      Bisa juga karena treshold CDI Varro bikin kipas nyala lebih awal dibanding CDI ori sehingga hembusan angin panas lebih sering terasa

      Bisa juga karena kompresinya ketinggian, coba di cek gan, di set ke 10-10,5 saja.., kalau bore up vixion doang seharusnya gak terlalu panas, masih bisa dihandel radiator bawaan.

      Hapus
  26. Anonim6/8/22

    Njmx saya kok rpm tertinggi di 4 putaran ,kenapa ya gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Putaran 1,75 itu anjuran dari pabrikan gan... kalau semisal dapatnya di 4 putaran ya gpp

      Hapus
  27. Anonim6/8/22

    Klo sy bikin 6 puteran membuka dari mentok kanan, kira² akan makin basah/ kering ? 🤔

    BalasHapus
    Balasan
    1. seharusnya semakin kering gan

      Hapus
  28. Anonim15/1/23

    Motor njmx saya keluar asap hitam pda saat di gas rpm tinggi posisi netral.kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bloknya mulai bermasalah itu

      Hapus
  29. Anonim29/4/23

    Om karbu vakum 2 putaran sama 2.5 putaran iritan yang mana

    BalasHapus
  30. Anonim7/5/23

    MX new saya pake blok Vixion putaran bawah Brebed pj 15 MJ 115

    BalasHapus
  31. Abang ganteng11/6/23

    Assalamualaikum admin saya mau nanya kalo karbu vakum setingan irit nya berapa putaran?
    Misalkan 2 putaran sama 2 setengah putaran iritan mana

    BalasHapus
  32. Motor saya Njmx gak ketemu² setelan anginnya, walaupun udah di setel sesuai anjuran pabrik.. Dan juga lambat turun gasnya

    BalasHapus
  33. Anonim11/3/24

    Njmx saya sudah ganti blok vixion karburator masih standar putaran bawah enak tapi putaran atas nahan cuman dapat top sped 80
    kira kira apa yg harus dirubah biar putaran atas nya dapat

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel