Rem Cakram Seret / Tidak Balik Setelah Ditekan

Brake caliper sliding pins atau lebih dikenal dengan pin caliper merupakan benda yang berfungsi untuk menekan kampas rem yang tidak ditekan oleh piston kaliper. Ketika piston kaliper menekan, maka sisi seberang kampas rem ikut terdorong dengan adanya pin caliper ini. Untuk lebih jelasnya bisa lihat video dibawah ini:


Jika pin caliper pergerakannya sudah tidak lancar maka akan menyebabkan bagian kampas rem yang berseberangan dengan piston tidak bergerak bebas setelah pedal rem dilepas, hal tersebut dapat menyebabkan ban seret setelah rem ditekan. Kemudian, tanda-tanda yang lainnya adalah kampas rem sisi tertentu akan lebih cepat habis.


Pin caliper pada cakram belakang motor yamaha



Pin pada kaliper wajib di cek setiap 1 tahun dan harus selalu dilumasi dengan grease atau gemuk agar pergerakannya lancar. Pastikan mengecek cakram dengan cara digoyang-goyangkan kalipernya, yang normal seharusnya bisa bergerak secara bebas, kalau tidak bergerak secara bebas maka perlu dicek.

Untuk melumasi bagian pin caliper di cakram depan hanya perlu melepas rem dari dudukannya. Akan tetapi, untuk cakram belakang diharuskan melepas roda belakang sehingga biasanya kondisi pin caliper di cakram belakang lebih rawan seret karena orang malas mengeceknya.

Belum ada Komentar untuk "Rem Cakram Seret / Tidak Balik Setelah Ditekan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel